Oleh-oleh Khas Malang

Kota Malang selama ini dikenal sebagai kota wisata yang memiliki udara sejuk dan menawarkan keindahan alam. Sebagai salah satu kota yang memiliki wilayah pegunungan, kota ini tentu menyumbang beragam jenis produk perkebunan dan pertanian. Salah satu yang akrab adalah buah apel yang sering menjadi oleh-oleh khas Malang.

Namun, selain buah apel kota ini juga memiliki produk lainnya yang tak kalah menarik dan layak untuk dibawa sebagai buah tangan. Yaitu teh khas Malang, yup! Siapa sangka jika teh bisa menjadi buah tangan jika datang ke kota ini. Memiliki perkebunan teh yang telah beroperasi sejak masa kolonial, dan berada di Lawang, Jawa Timur.

Perkebunan teh yang dibuka menjadi agrowisata ini juga memiliki pabrik pengolahan yang dibuka untuk wisatawan. Jadi selain menikmati segarnya udara pegunungan, wisatawan juga bisa belajar mengenai cara pengolahan daun teh hingga siap untuk diseduh. Teh yang dikenal sebagai salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia ini ternyata juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Selain bisa membeli oleh-oleh khas Malang di lawang, perkebunan ini juga sering dijadikan lokasi outbound Malang loh. Jadi wisatawan bisa datang secara berkelompok dan melakukan kegiatan outbound di kebun teh Lawang sebagai sarana liburan. Lalu pulangnya langsung membawa oleh-oleh khas Malang berupa teh yang bisa diseduh di rumah nanti. Berikut ini beberapa manfaat teh bagi kesehatan tubuh.

Meningkatkan Kreativitas

Sebuah studi yang melibatkan 50 murid dengan rata-rata usia 23 tahun, sebagian siswa diberi segelas teh, dan sebagian lainnya hanya diberi segelas air putih. Hasilnya, teh mempengaruhi tingkat kreativitas. Namun konsumsi teh dalam dosis kecil tidak memberikan efek dalam jangka panjang. Jadi jika ingin meningkatkan kreativitas, harus dipastikan untuk mengkonsumsi teh secara rutin.

Mengurangi Resiko Diabetes

Sebuah jurnal menyebutkan bahwa teh bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes. Peneliti juga mengungkapkan bahwa teh dapat meredam kadar gula yang dihasilkan dari aktifitas “ngemil”. Sebuah penelitian yang melibatkan 24 orang responden, setengah dari peserya memiliki kadar gula dalam jumlah normal, sedangkan setengahnya didiagnosis mengalami pra diabetes. Dari percobaan tersebut dapat dibuktikan jika teh bisa mengurangi resiko diabetes.

Itulah beberapa manfaat teh yang bisa didapatkan oleh tubuh jika mengkonsumsinya. Tentu selain dua manfaat di atas, masih terdapat manfaat teh lainnya. Teh ternyata juga memiliki kandungan kafein, sehingga bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin menghindar minum kopi. Selain itu, teh hitam juga mengandung polifenol dan flavanol yang baol bagi kesehatan jantung. Kandungan senyawa tersebut juga baik untuk mencegah penyakit stroke dan jantung.

Waah, jadi tahu kan kalau bukan hanya buah apel yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Malang? bahkan selain teh, Kota Malang juga memiliki produk unggulan lain seperti kopi yang berasal dari Dampit. Tergantung anda ingin memilih oleh-oleh khas apa, bisa teh, kopi, buah apel, keripik apel, hingga olahan lainnya. Jangan lupa jika ingin outbound di Batu Malang hubungi admin provider outbound Malang KWB Adventure.